-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Friday, March 13, 2020

DIKLAT PROFESI SOSIAL EKONOMI PERIKANAN #19

DIKLAT PROFESI SOSIAL EKONOMI PERIKANAN #19


Setelah dilaksanakan prosesi AROWANA dan CME dilanjutkan dengan tahap akhir pengaderan dalam lingkup KEMAPI FIKP UH yaitu Diklat Profesi  dimana wujud keberlanjutan organisasi adalah munculnya kader yang memiliki kapabilitas, komitmen serta loyalitas yang tinggi terhadap organissai. Tujuan dari Diklat Profesi ini sebagai usaha peningkatan pemahaman terhadap kajian keilmuan mahasiswa yang disesuaikan dengan profesi dan bidang kajiannya dan merupakan salah satu syarat memperoleh status keanggotaan di lingkup KEMAPI FIKP UH. Diklat profesi ini diikuti oleh 54 orang dengan mengangkat tema kegiatan Diklat Profesi ini yaitu FLEKSIBLE (Merefleksikan Semangat Berkemapi dalam Bingkai Keprofesian Sosial Ekonomi Perikanan).

Kegiatan ini diawali dengan kegiatan Pra Diklat yang dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada hari Sabtu, 22 Februari 2020 yang dimana ada 2 materi yang diberikan yaitu materi Pengenalan Program Studi Sosial Ekonomi Perikanan oleh Agussalim Al Fath, Strategi Pemberdayaan Masyarakat Pesisir oleh Musthain Asbar dan hari Minggu, 23 Februari 2020 materi yang diberikan ada 3 yaitu Konsep Ekonomi Biru oleh Arfah Mustari, S.Pi, Sistem Sosial Budaya Masyarakat Pesisr di Sulawesi Selatan oleh Abdul Wahab, S.Pi dan Metode Pengambilan Data Oleh Kamaruddin, S.Pi, M.Si.

Kegiatan hari H Diklat Profesi dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada tanggal 28 Februari 2020 - 01 Maret 2020 di Desa Arungkeke, Kecamatan Arungkeke, Kabupaten Jeneponto, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Pada tanggal 28 Februari 2020 pukul 16.00 WITA peserta diklat profesi dikumpulkan dan berangkat pada pukul 18.30 WITA dari kampus Universitas Hasanuddin menuju Desa Arungkeke yang ditempuh selama kurang lebih 4  jam dengan menggunakan mobil dalmas.

Hari ke-2 tanggal
29 februari 2020, kegiatan dimulai dengan senam pagi dilanjutkan dengan sarapan bersama. Kemudian peserta Diklat diarahkan untuk bergabung ke kelompok masing-masing untuk pembekalan materi tentang data apa saja yang diambil pada saat di lapangan yang dimana dari 54 orang dibagi menjadi 8 kelompok dengan 2 subtema, yaitu kelompok yang terfokus pada bagian budidaya yaitu kelompok 1-2 budidaya polikultur, kelompok 3-4 budidaya rumput laut serta kelompok yang berfokus pada penangkapan yaitu kelompok 5-6 penangkapan menggunakan pancing ulur dan kelompok 7-8 penangkapan menggunakan jaring. Kegiatan pengambilan data, dimulai pada pukul 08.00 – 12.00 WITA dan dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 - 15.30 WITA untuk melengkapi data yang diambil. Setelah pengambilan data pukul 16.00 WITA dilakukan evaluasi peserta dengan pendamping dimana peserta berkumpul bersama untuk mengolah data sebagai persiapan FGD dimana agenda untuk FGD pada pukul 20.00 – 24.00 WITA yang disaksikan oleh warga HIMASEI UNHAS.

Hari
terakhir Diklat Profesi tanggal 01 Maret 2020, pada pukul 03.00 WITA dilakukan kegiatan evaluasi peserta mengenai materi yang didapatkan mulai dari kegiatan pra sampai pada kegiatan pengelolaan data yang dilanjutkan pada pukul 05.00 WITA dilakukan agenda Pengukuhan sebagai  proses penerimaan warga baru HIMASEI. Dengan adanya proses pengaderan tahap akhir ini membantu meningkatkan minat serta mengembangkan pengetahuan kader terlebih dahulu terhadap masalah-masalah dan potensi yang akan dihadapi kader HIMASEI kedepannya. Diharapkan dengan adanya pengenalan tahap akhir dapat membuat kader lebih mampu mendalami keprofesiannya secara khusus.

SAVE OUR CULTURE SAVE OUR HIMASEI

 DOKUMENTASI 


Kegiatan Pra Diklat




Kegiatan Hari-H Diklat 






Foto Pengukuhan 




Peserta Dan Panitia Diklat 19







Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts