-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Sunday, November 3, 2019

“Pro-Kontra Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Klinik Iptek Mina Bisnis” (Kabupaten Lamongan dan Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan)


“Pro-Kontra Pemberdayaan Masyarakat Nelayan Melalui Klinik Iptek Mina Bisnis”

(Kabupaten Lamongan dan Desa Weru Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan)



Indonesia adalah salah satu Negara Kepulauan terbesar di Dunia, Indonesia dikarunia sumberdaya kelautan dan keanekaragaman hayati yang besar. Indonesia memiliki 17.499 buah pulau dengan panjang garis pantai membentang 80.791 km dan luas lautnya mencapai 3,25 juta km2.

 Selain itu, pembangunan kelautan dan perikanan masih juga menyisakan permasalahan pokok, seperti overfishing, kerusakan lingkungan, pencemaran dan kemiskinan di sebagian besar wilayah nelayan. Bahkan Indonesia juga menjadi salah  penyumbang sampah plastik terbesar di dunia. Kemiskinan pada dasarnya dipicu karena tidak dimilikinya aset produksi dan lemahnya kemampuan produktivitas. Karena itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berdasarkan SK Kepala Balai Besar Penelitian Sosial Ekonomi Kelautan da Perikanan (BBPSEKP) Nomor 12.1/BALITBANGKP/RS.210/I/2012 melaksanakan program peningkatan kehidupan nelayan dengan membentuk Klinik IPTEK Mina Bisnis (KIMBis) dalam rangka pemberdayaan masyarakat nelayan dan Desa Weru di Kabupaten Lamongan ini ditetapkan sebagai lokasi pelaksanaan KIMBis.

Pemberdayaan masyarakat nelayan ini untuk meminimalisirkan kemiskinan atau ketertinggalan masyarakat nelayan yang disebabkan oleh tiga hal, yaitu :
1.    Kemiskinan struktural
2.    Kemiskinan super struktural
3.    Kemiskinan cultural

Klinik IPTEK Mina Bisnis dibentuk yang bertujuan untuk :
1)  Mendorong tumbuhnya entrepreneurship di dalam masyarakat nelayan/pesisir sehingga mampu memperbaiki kehidupan ekonomi masyarakat.
2)   Mempercepat proses diseminasi, difusi dan adopsi tekonologi kelautan dan perikanan dan umpan balik dari masyarakat untuk memperbaiki teknologi yang diintroduksi.

KIMBis dibangun sebagai wadah pembinaan dan pengembangan kegiatan ekonomi masyarakat nelayan berbasis IPTEK melalui pendekatan technopreneurship berstandar pada potensi sumberdaya di lingkungannya.

Pro Klinik IPTEK Mina Bisnis (KIMBis) di Desa Weru Kabupaten Lamongan
·  Melalui KIMBis ini diharapkan mampu mendorong perkembangan ekonomi di wilayah pesisir yang berbasis IPTEK
·   KIMBis juga dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi kepentingan atau kebutuhan antara sumber teknologi dengan pengguna untuk mendapatkan umpan balik

Kontra Klinik IPTEK Mina Bisnis (KIMBis) di Desa Weru Kabupaten Lamongan
·   Dengan adanya KIMBis dapat membuat masyarakat yang menjadi manja, yang selalu ingin disuap tanpa ada usaha untuk mencapai kesejahteraannya sendiri.
·      Dengan adanya KIMBis ini juga dapat membuat budaya-budaya yang ada di masyarakat pesisir menjadi pudar karena masuknya teknologi-teknologi di masyarakat pesisir

Dengan beroperasinya KIMBis di Desa Weru Kabupaten Lamongan sejauh ini belum maksimal hanya sebatas pelatihan untuk masyarakat. Tapi dengan adanya KIMBis ini sudah jauh lebih baik karena dapat membuat masyarakat pesisir mampu mengembangkan potensi-potensi sumber daya laut dalam mengolah, membudidaya dan memasarkan sumberdaya hayati lautnya. Poin terpenting yang perlu pemerintah  lakukan, yaitu bagaimana agar masyarakat pesisir tertarik mengkuti KIMBis ini. Seperti, setelah mengikuti  KIMBis ini mereka diberi modal untuk memulai membuat usaha.

BY : KELOMPOK 1


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts