-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Monday, April 15, 2019

Quo Vadis Ilmu Perikanan
                  Quo Vadis Ilmu Perikanan


        Kajian ilmu perikanan yang seringkali dilakukan namun terdapat pengalihdefinisian oleh beberapa pihak, maka dari itu pentingnya pemahaman mengenai bagaimana esensi dan eksistensi dari ilmu perikanan itu sendiri, sehingga pada kajian ini mengangkat tema “Quo Vadis Ilmu Perikanan”. Quo Vadis merupakan sebuah kalimat dalam bahasa latin yang terjemahannya secara harfiah berarti “Kemana akan pergi?”. Ilmu perikanan adalah disiplin ilmu yang mempelajari dan mengatur dunia perikanan.

       Tak ada yang dapat mengelak dengan fakta bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki sumberdaya alam yang sangat melimpah. Sumberdaya alam yang sejak dahulu sampai sekarang tak pernah habis. Salah satu sumberdaya alam yang sangat menjanjikan adalah dalam sektor perikanan dan kelautan. Potensi sumberdaya alam di bidang perikanan sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai objek utama dalam meningkatkan keseimbangan kehidupan berbangsa dan bernegara.

      Namun dibalik kekayaan sumber daya alam yang dimiliki, kurang dimanfaatkan atau dikelola dengan semaksimal mungkin. Seandainya saja memanfaatkan potensi yang ada, maka masyarakat pesisir seharusnya dapat sejahtera. Namun kenyataannya, kehidupan masyarakat nelayan senantiasa dilanda kemiskinan, bahkan kehidupan nelayan sering diidentikkan dengan kemiskinan. Salah satu hal yang menyebabkan masalah tersebut adalah tingkat pendidikan dari masyarakat pesisir. Hal itu terjadi karena kualitas sumber daya alam (SDM) masyarakat pesisir tentang pendidikan. Sehingga, sangat sulit melakukan perubahan mendasar (revolusi mental) terhadap pola pikir, tabiat atau pola hidup dan daya analisis. Secanggih apa pun teknologi yang diberikan, atau sebesar apa pun modal yang disediakan akan sia-sia jika SDM-nya rendah.

       Ditengah-tengah usia bumi yang makin menua, kerusakan makin menjadi, kelangkaansumberdaya yang semakin nyata, maka perspekti& pengelolaan sumberdaya kelautan dan perikanan harus dirubah. Laut tidak lagi sekedar halaman belakang namum menyimpan masa depan bagi Indonesia yang kuat dan makmur. Untuk mengatasi semua masalah-masalah yang terjadi di masyarakat pesisir, harus ada kerjasama antara masyarakat dan pemerintahan. Negara kita ini, dianguerahi karunia alam yang luar biasa termasuk megabiodiversity laut yang tidak terhingga. Sudah saatnya secara serius memikirkan cara-cara pemanfataan yang berkelanjutan agar semua potensi itu bisa didayagunakan untuk kepentingan rakyat dan dinikmati oleh anak cucu di masa yang datang.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts