-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Thursday, August 23, 2018

Perubahan warna iris mata ikan Guppy

Perubahan warna iris mata ikan Guppy

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dan banyak digemari masyarakat, dulunya ikan guppy dikenal sebagai ikan liar. Ikan tersebut pertama kali ditemukan di Venezuela, Guyana dan juga di kepulauan Karibi pada tahun 1859. Ikan tersebut memiliki bentuk indah dan menarik yang dilengkapi dengan warna yang sangat beragam dan bervariasi. Si guppy yang indah ini memiliki masa kehamilan berkisar antara 21–30 hari  tergantung pada suhu airnya. Suhu air yang paling cocok untuk berbiak adalah sekitar 27 °C (72 °F).


Mata binatang adalah yang paling banyak struktur yang dapat dikenali secara luas di alam. Dikarenakan arti penting mereka untuk pemangsa dan mangsa, sebagian besar penelitian telah difokuskan pada bagaimana hewan-hewan bersembunyi atau kamuflase seperti ikan guppy. Ikan guppy (Poecilia reticulata) adalah salah satu jenis ikan hias yang sangat populer dan banyak digemari masyarakat. Ikan ini pertama kali ditemukan di Venezuela, Guyana dan juga di kepulauan Karibi pada tahun 1859. Ikan ini memiliki bentuk indah dan menarik yang dilengkapi dengan warna yang sangat beragam dan bervariasi. Ikan ini termasuk ke dalam ordo cyprinododontiformes dengan famili Poecilidae. Ukuran ikan guppy jantan memiliki panjang mencpai 2-3 cm, sedangkan betina mencapai 4-6 cm, jauh lebih besar ikan guppy betina daripada ikan guppy jantan.
Penelitian mengenai perubahan iris mata ikan guppy telah dilakukan oleh Robert J.P. Heathcote dkk dan dipublikasikan dalam Current Biology Magazine pada Juni 2018. Dengan menggunakan uji coba perilaku bertahap, diperoleh bahwa ikan Guppy Trinidadian (Poecilia reticulata) dapat dengan cepat mengubah warna irisnya. Percobaan ini menggunakan robot ikan sebagai mangsa sekaligus yang mencatat sensitivitas warna iris mata ikan predator / mata ikan guppy-nya. Ketika ikan mangsa ini didekatkan ke arah ikan guppy, robot ikan mencatat perubahan warna iris mata ikan guppy dari perak ke hitam dalam waktu kurang dari 3 detik saja.
Di semua populasi, peneliti menemukan bahwa ikan mengekspresikan iris hitam, dan ikan yang lebih besar, lebih cenderung tampil agresif perilakunya ketika memangsa. Dengan menggunakan teknik olah data Binomial GLMM (Generalized Linear Mixed Models), diperolah data bahwa untuk ikan guppy betina memiliki rasio 201,7 sedangkan untuk yang jantan cuma 25,8. Ikan betina lebih agresif dan sensitif dalam perubahan warna iris mata ketika memangsa. Dikatakan juga bahwa perubahan warna iris mata ini tidaklah teramati pada jenis ikan lainnya.


x


            Warna mata perak atau hitam bukan karena jenisnya yang berbeda. Kedua warna itu dimiliki ikan guppy sekaligus, artinya ikan guppy dapat mengubah warna matanya. Para ahli menemukan, mata ikan guppy menjadi hitam pekat saat ia sedang marah. Warna hitam di matanya ini seakan menjadi sinyal yang memperingatkan ikan guppy lain untuk menyingkir.
Bagi pembaca yang hobi koleksi ikan guppy ini, tentunya sekarang bisa lebih mengerti kondisi kesehatan ikan. Jika iris ikan guppy tidak berubah warna ketika sedang memangsa, maka dapat dipastikan bahwa ikan guppy-nya tidak berselera untuk makan atau bisa jadi berada dalam kondisi sakit.

Referensi
(1) .http://bahasikan.com/jenis-ikan-guppy
(2) warstek.com/
(3) http://www.manandshark.com/info/yuk-pahami-tentang-ikan-guppy-serta-jenisnya/

(4) https://sains.kompas.com/read/2018/06/05/180400223/peringatkan-saingan-warna-mata-ikan-guppy-berubah-saat-marah


Makassar, 23 Agustus 2018



Asmiana dan Tri kartika Subair
Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan 2016

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts