-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Tuesday, July 10, 2018

Zona Nyaman Dan Mahasiswa

Zona Nyaman Dan Mahasiswa

Zona nyaman ? Siapa yang tidak kenal dengan istilah tersebut. Di mana merupakan suatu keadaan pada seseorang yang terlalu asik dengan situasi yang mereka alami. Bersantai dengan keadaan dan tidak melakukan apapun yang keluar dari situasi yang menurutnya aman. Zona nyaman biasa juga diartikan dengan zona aman. Di mana kita tidak mau keluar dari keadaan yang membuat diri kita aman-aman saja dan tidak mau ikut terlibat dalam suatu ha yang dianggap masalah dan juga menghindari suatu permasalahan tersebut.
Zona nyaman merupakan bagian dari masalah psikologi dasar manusia menurut pakar Behavioural Psychology alasdair A. K. White dalam bukunya “From Comfort Zone to Performance Management” mengatakan bahwa, Zona Nyaman adalah sebuah keadaan dimana seseorang terbiasa dan nyaman karena mampu mengontrol lingkungannya. Dalam keadaan ini orang tersebut jarang merasa gelisah dan jarang mengalami tekanan yang mengakibatkan stress ( Abe, 2017).
Mahasiswa kadang memiliki zona nyaman tersendiri bagi diri mereka. Terkadang mahasiswa yang kebiasaannya kuliah pulang kuliah pulang hanya berada pada zona nyaman mereka sendiri. Mengapa saya mengatakan demikian, karena saya menganggap mahasiswa tersebut tidak ikut aktif terlibat dalam organisasi dan juga kebanyakan dalam fikiran mereka organisasi tidak terlalu penting dalam perkuliahan dan kadang pula membuat ipk turun, bisa dikatan mereka mencari aman.
Terkadang berada pada zona nyaman membuat seseorang tidak berkembang. Megapa demikian, karena ketika seseorang berada di suatu tempat dan tidak meninggalkan hal tersebut maka mereka tidak akan berkembang karena mereka tidak akan mecoba hal-hal yang baru menurutnya tidak penting.
Menurut liputan6.com ada beberapa alasan mengapa kita harus keluar dari Zona Nyaman seperti dalam kutipan “Karir.com (2017)”
Mematikan Kreativitas
Zona nyaman biasanya dapat mematikan kreativitas dari otak seseorang. Karena semua kegiatan yang biasanya dilakukan telah ditata rapi dan monoton. Dengan demikian, hilangnya kreativitas, merasa tidak mendapat tantangan, dan bahkan tidak menyadari kekurangan yang ada pada diri seseorang.
Tidak berkembang
Jika seseorang merasa stuck dan tidak ada kemungkinan untuk berkembang, cobalah untuk bangkit dari zona nyaman dan lebih mencoba hal hal yang baru agar dapat lebih memotivasi diri.
Menjadi pribadi yang lebih open-minded
Keluar dari zona nyaman juga akan membuat seseorang menjadi pribadi yang lebih open-minded. Sebab, memiliki pemikiran yang terbuka akan mengeksplorasi pikiran seseorang untuk menjadi lebih kreatif, tampil bedam menerima pada pengalaman dan cara pandangyang baru. Maka makin tinggi pula peluang kesuksesan orang tersebut.


Makassar, 09 Juli 2018


Febriza
Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan 2016
Universitas Hasanuddin

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

1 comments:

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts