-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Friday, July 20, 2018

Mengapa Ingin menjadi bagian dari FIKP?

Mengapa Ingin menjadi bagian dari FIKP?

Mahasiswa? siapa yang tidak ingin berada diposisi tersebut? Awal menjadi seorang mahasiswa tak mudah, mengapa? Banyak hal yang dulu saat SMA kita bayangkan namun tak sesuai saat kita mendapatkannya. Sebelum menjadi seorang mahasiswa,dulu kita hanya terfokus kepada hal hal yang menurut kita benar tanpa berfikir panjang. Sekarang kita sudah menjadi seorang mahasiswa disalah satu Universitas tebaik se-Sulselbar. Menjadi bagian dari mahasiswa Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) yang merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Hasanuddin (Unhas). Namun, masih banyak awam yang tidak mengetahui apa itu FIKP? Mengapa kita harus memilih menjadi bagian dari FIKP? Saat seperti ini orang orang hanya mengutamakan fakultas atau jurusan yang masuk ke dalam Passinggrade. Apa keistimewaan menjadi mahasiswa FIKP?

Pertanyaan ini sering kali di berikan kepada saya sebagai mahasiswa FIKP. Sejujurnya saya merasa geram dan marah saat sebagian orang itu memandang sebelah mata jurusan yang sangat saya banggakan ini. Tapi ketika semua mulai kita pilih maka yang harus kita lakukan yaitu menjalankannya dan bertanggungjawab. Maka dari itu saya akan berusaha menjawab pertanyaan kalianJ. Tapi ketika semua mulai kita pilih maka yang harus kita lakukan yaitu menjalankannya dan bertanggungjawab.

Sebagai seorang mahasiswa baru (MABA) saya merasa sangat bersemangat. Di awal semester dimana kita akan menjalankan tahap pengaderan tingkat jurusan. Babak baru dimana kita akan mengenal seperti apa wujud dari FIKP itu sendiri. Selama kurang lebih 1 bulan proses tersebut banyak hal menarik yang muncul dalam kepribadian saya sebagai seorang mahasiswa terkhusus di Fakutas Ilmu Kelautan dan Perikanan. Pertanyaan yang sering saya terimapun satu persatu mulai dapat saya jawab tentang apa itu FIKP ? Menurut saya, FIKP bukan hanya salah satu fakultas maupun jurusan yang gedungnya berada di atas tanah seluas 4.721.991 m2 atau 472,2 hektare.
                             


Menginjak semester –semester berikutnya, mungkin babak yang sulit telah dimulai. Hal yang dulu kita sepelekan ketika bermimpi sebagai seorang mahasiswa mulai terlihat berbeda. Tugas semakin menumpuk, jadwal yang padat kadang membuat kita sulit untuk memilah milih waktu sampai kadang hal sesederhana seperti waktu untuk tidur dan beristirahat serta makan pun sulit kita lakukan. Ada banyak jadwal mata kuliah yang berbeda, tugas yang berbeda, laboratorium yang sangat membuat mahasiswa gelisah dan berkeringat dingin ketika jadwal asistensi dan laporan lengkap,serta praktek lapang yang terasa seru seperti berlibur heheJ . Tapi itu semua kita jalankan dengan senang hati,dan tak terasa. Itulah pentingnya kita belajar cara mengatur waktu yang baik. Pertanyaan tentang mengapa kita harus memilih menjadi bagian dari FIKP? Saat seperti ini orang orang hanya mengutamakan fakultas atau jurusan yang masuk ke dalam Passinggrade pun terjawab. Betapa beruntungnya dapat berada diantara mereka yang mencintai posisi mereka sebagai Mahasiswa FIKP yang tidak hanya harus mencintai alam, lingkungan laut dan habitatnya. Namun juga saling menjaga dan merangkulJ. Bukan hanya itu saja, tetapi masih banyak prestasi yang diraih oleh FIKP dan kurang yang mengetahuinya. Memiliki jiwa jiwa kemaritiman. Meskipun jika dibandingkan dengan Fakultas lain yang kebanyakan orang kenal.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya laut dan maritimnya. Berdasarkan dari kkp.go.id luas lautan Indonesia sebesar 3,25 juta km2  dan 2,55 juta km2 Zone Ekonomi Eksklusif (ZEE) dimana Indonesia merupakan suatu negara dengan luas perairan lebih besar dibandingkan dengan luas daratan maka Indonesia disebut dengan Negara maritim. Indonesia  mempunyai luas terumbu karang mencapai 50,875km2 yang menyumbang 18% luas total terumbu karang dunia dan 65% luas total di coral triangle. Sebagai warga Negara Indonesia, terutama di bidang Kelautan dan perikanan sudah mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan sumber daya laut untuk generasi kedepannya dan agar tidak ada yang punah. Saya bangga menjadi bagian dari  mahasiswa FIKP. Jadi,masih tidak ingin mengenal FIKP? Tidak ingin menjadi bagiannya? Masih saja ingin membanding- bandingkannya?

Makassar, 20 Juli 2018


Nur Basyasyah Ikhwan, Rifkah Zhafirah Taufiq, Iis Inayah Ismail
Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan 2016
Universitas Hasanuddin


Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts