-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Wednesday, July 18, 2018

Kuliah Tanpa Organisasi ?

Kuliah Tanpa Organisasi ?
Kuliah tanpa organisasi? apakah anda pernah berfikir seperti ini? Dimana anda berfikir  mungkin organisasi itu tidak terlalu penting ketika sedang mengenyam pendidikan bangku kuliah. Hanya membuang waktu untuk sesuatu yang tidak penting dan juga akan membuat aktivitas perkuliah merasa terganggu. Justru hal tersebut tidak sesuai dengan apa saya pikirkan.

Organisasi mahasiswa adalah surga bagi mahasiswa akan ilmu dan pengalaman. Di organisasi, mahasiswa dapat belajar hal-hal hal yang tak didapatkan di bangku kuliah. Misalkan saja kerja kelompok, public speaking, kreativitas, kemampuan lobi, problem solving, team mate, spiritualitas, kebersamaan, kekeluargaan , membuat surat menyurat, sosialisme, kehumasan, jaringan, dan lain-lain. Soft skill (kemampuan kepribadian) yang didapat dari organisasi yang nantinya paling berperan bagi mahasiswa calon pemimpin di masyarakat (Irham, 2011).

Terkadang sebagian besar mahasiswa yang tidak berorganisasi beranggapan bahwa kalau kita berorganisasi maka akan mengganggu aktivitas perkuliahan dan meraka hanya ingin fokus pada akademik. Bagi mereka yang kuliah tanpa organisasi biasanya mereka hanya mengandalkan kemampuan mereka yg di dapat di bangku perkuliahan, padahal kita dapat menemukan pengalaman yang sangat bagus ketika kita berorganisasi. Sebagai mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) ketika dia tidak mengikuti organisasi apapun pasti di dalam dirinya tidak mempuanyai pengalaman dan hanya mencari aman, dan pula mereka hanya berfikir bahwa pendidikan di bangku perkuliahan sudah cukup. Namun ada juga yang kita pelajari di bangku perkuliahan tentang organisasi hanya berupa teori dan ketika kita berorganisasi maka itulah praktek yang kita lakukan.

Berbeda halnya dengan mahasiswa yang mengikuti sebuah organisasi, mereka yang mengikuti organisasi mempunyai kemampuan berbicara dan mengeluarkan pendapat mereka sendiri, menerima pendapat orang lain, memecahkan suatu masalah dan mempunyai pengalaman terkhususnya mengenai masalah masalah yang timbul sebelumnya dan menjadikannya pelajaran agar menghindari masalah tersebut kedepannya. Di dalam berorganisasi bukan hanya kemapuan pemahaman yang di dapatkan, kita juga mendapatkan teman-teman baru bukan hanya teman 1 fakultas kita juga mendapatkan teman di berbagai fakultas yang lain, bahkan dengan berorganisasi pula kita dapat bertemu dengan teman teman yang berada di universitas yang berbeda dan juga berada kota, provinsi bahkan pulau yang berbeda pula.
Menurut Silvia Sukirman (2004:70), manfaat kegiatan organisasi kemahasiswaan adalah:
(a)    Melatih berkerja sama dalam bentuk tim kerja multi disiplin
(b)   Membina sikap mandiri, percara diri, disiplin, dan bertanggung jawab
(c)    Melatih berorganisasi
(d)    Melatih berkomunikasi dan menyatakan pendapat didepan umum         
(e)    Membina dan mengembangakan minat dan bakat
(f)    Menambah wawasan
(g)  Meningkatkan rasa kepedulian dan kepekaan pada masyarakat dan lingkungan mahasiswa
(h)   Membina kemampuan kritis, produktif, kreatif, inovatif

Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan mengikuti organisasi kita akan memperoleh pengalaman dan manfaat yang banyak misalnya melatih kerja sama, menambah wawasan, dan menumbuhkan rasa kepercayaan diri untuk tampil depan umum dan juga lebih mengasah soft skill dan pengalaman kita di organisasi dan diterapkan di dunia pekerjaan nantinya.


Makassar, 18 Juli 2018


Rismawati, Febriza dan Afarni Mulia Ningsih
Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan 2016
Universitas Hasanuddin

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts