-->

HIMASEI UNHAS

Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan adalah salah satu lembaga kemahasiswaan yang berada dalam lingkup Himpunan Mahasiswa Jurusan Perikanan, Fakultas Ilmu Keluatdan Perikanan, Universitas Hasanuddin. Himasei Unhas berdiri pada tanggal 23 April 2000.

Friday, March 30, 2018

Ada Apa dengan Pulau- Pulau Kecil? (Kajian Rutin, Ed. Maret 2018)
Image result for pulau kecil
Sourcepic: http://indonesiatop.blogspot.com
           
Divisi Kajian dan Strategis Himpunan Mahasiswa Sosial Ekonomi Perikanan mengadakan diskusi yang membahas tentang potensi dan urgensi daerah pulau-pulau kecil di Indonesia, khsusnya di daerah Sulawesi Selatan. Dalam kegiatan tersebut mengundang pemateri dari program studi yang sama yaitu Sosial Ekonomi Perikanan. Beliau adalah Kanda Mustain Asbar yang merupakan mantan koordinator divisi kastra periode tahun 2016-2017. 

Moderator (Nur Latifah Amu) dan Pemateri (Musthain Asbar)
                                       
Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menambah wawasan dan pemahaman mahasiswa perikanan terkait struktur sosial, ekonomi maupun permasalahan konflik antar masyarakat serta tingkat pendidikan dan kemiskinan yang terjadi. Diskusi yang diadakan di ruang seminar perikanan pada hari kamis, tanggal 29 Maret 2018 diikuti oleh 42 peserta dari program studi yang berbeda di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin. Para peserta mengikuti diskusi dengan sangat antusias, hal ini dilihat dari banyaknya sanggahan dan pertanyaan terkait sudut pandang masing-masing tentang pulau-pulau kecil.

Salah satu topik menarik yang diangkat oleh pemateri ialah masalah penguasaan lahan dan pendidikan daerah pulau-pulau kecil. Dalam pembahasannya, pemateri menjelaskan bahwa penguasaan lahan menjadi salah satu urgensi daerah pulau-pulau kecil. Penguasaan lahan yang terjadi menyebabkan masyarakat sekitar terabaikan. Wacana pemerintah seperti reklamasi pantai, pembuatan pulau-pula palsu dan penjualan lahan kepada perusahaan asing malah semakin membuat potensi sumber daya alam yang dimiliki belum termanfaatkan secara optimal.
Permasalahan lain yang juga diangkat dalam diskusi kemarin ialah masalah pendidikan anak-anak di daerah pulau-pulau kecil. Pemateri menambahkan bahwa pendidikan anak-anak pulau-pulau kecil masih relatif statis. Dalam kurikulum pendidikan masyarakat sekitar, tidak memuat muatan-muatan yang membahas tentang potensi pulau-pulau kecil serta cara pemanfaatannya. Sehingga kadang para anak-anak nelayan di daerah sekitar, ketika mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi mereka tidak lagi melirik daerahnya untuk mengembangkan potensi daerahnya sendiri.
Padahal muatan-muatan seperti itu yang diharapkan dapat menjadi salah satu faktor pendorong masyarakat sekitar mau menjaga kelestarian daerahnya dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki di daerahnya.
Dalam diskusi yang diadakan juga banyak melahirkan pendapat-pendapat terkait permasalahan di pulau-pulau kecil. Salah satu pendapat dari peserta diskusi yang mengatakan bahwa “Masyarakat Pulau-Pulau Kecil juga perlu pendidikan yang tinggi agar setelah lulus bisa kembali ke daerahnya untuk mengembangkan potensi yang ada”. Jika saja seluruh masyarakat pulau-pulau kecil dan para akademis berfikir demikian bisa dipastikan bahwa masyarakat kita akan menjadi masyarakat yang maju dan berwawasan.
Sebagai civitas akademik tentunya masalah urgensi perikanan seperti ini perlu mendapat perhatian lebih. Karena pemanfaatan sumberdaya yang kurang optimal menjadi salah satu penyebab kemiskinan struktural acap kali terjadi di daerah pulau-pulau kecil.
Mengutip dari salah satu pernyataan pemateri sebelum mengakhiri materinya. Beliau mengatakan bahwa “ Aku berfikir tentang sebuah gerakan tapi aku tidak mungkin berjalan sendirian”. Pernyataan tersebut mempunyai makna yang cukup dalam untuk kemajuan bangsa ini khususnya melalui gerakan nyata seluruh komponen bangsa.

Dokumentasi Kegiatan:














































Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 comments:

Post a Comment

Periode 2022

Start Work With Me

Contact Us

JOHN DOE
+123-456-789
Melbourne, Australia

Powered by Blogger.

Search This Blog

Random Posts